Jumat, 28 September 2012

Mengapa Sarapan Penting ??



Formaziers, buat Anda yang punya segudang aktifitas, bagaimanakah Anda menjaga kesehatan dan pola makan Anda ? Seringkah Anda mengabaikan sarapan ? Nah, ini yang perlu diperhatikan, apalagi untuk formaziers yang bukan hanya sibuk kuliah, tapi juga aktif di himpunan kampus dan juga kegiatan-kegiatan kemahasiswaan lainnya. Untuk itu, sebelum memulai aktifitas yang sangat padat, ada baiknya Anda mengisi “bahan bakar” terlebih dahulu, supaya tidak gampang mengalami 5L (letih, lemah, lesu, lunglai, lalai). Nah untuk itu, yuk intip informasi mengenai pentingnya sarapan dan juga sarapan sehat :)

 Menurut berbagai kajian, frekuensi makan yang baik adalah tiga kali sehari. Ini berarti makan pagi (sarapan) hendaknya jangan ditinggalkan. Sering kali orang mengabaikan sarapan karena diburu oleh waktu yang sempit. Sebagian orang harus meninggalkan rumah sejak pagi-pagi untuk memulai aktifitas. Sementara di rumah sarapan pagi belum tersedia, akhirnya sarapan ditinggalkan tanpa ada rasa bersalah. 

Secara kuantitas dan kualitas rasanya sulit untuk memenuhi kebituhan gizi apalagi kita hanya makan 1 kali atau 2 kali sehari. Keterbatasan volume lambung menyebabkan kata tidak bisa makan sekaligus dalam jumlah yang banyak. Itulah sebabnya makan dilakukan secara frekuentif yakni 3 kali sehari termasuk sarapan pagi.

Formaziers, seperti yang diketahui bahwa makan pagi adalah suatu kegiatan yang penting sebelum melakukan aktifitas fisik pada hari itu. Paling tidak ada dua manfaat yang bisa kita dapatkan dari sarapan pagi. Pertama, sarapan pagi dapat menyediakan karbohidrat yang siap digunakan untuk meningkatkan kadar gula darah. Kedua, pada dasarnya sarapan pagi akan memberikan kontribusi penting akan beberapa zat gizi yang diperlukan tubuh seperti protein, lemak, vitamin dan mineral. Ketersediaan zat gizi ini bermanfaat untuk berfungsinya proses fisiologis dalam tubuh. 

Sarapan sehat seyogyanya mengandung prinsip gizi seimbang, nah ini berarti kita benar-benar telah mempersiapkan diri untuk menghadapi segala aktifitas dengan amunisi yang lengkap. Hanya masalahnya seringkali sayur tidak bisa tersedia secara instan, sehingga sarapan pagi yang disediakan umumnya minus sayuran. Namun hal ini tidak menjadi masalah karena fungsi sayuran sebagai penyumbang vitamin dan mineral bisa digantika oleh buah.

Minum susu di pagi hari juga sangat baik karena susu selain sebagai sumber vitamin dan mineral, juga kaya akan lemak. Apabila kita mengonsumsi lemak maka kita akan relative lebih tahan lapar. Di dalam tubuh lemak dicerna lebih lama dibandingkan protein dan karbohidrat. Selain itu lemak adalah kontributor energi yang lebih tinggi yaitu 9 kalori per gram lemak, sementara karbohidrat dan protein hanya 4 kalori per gramnya. 

Bagi Anda yang merasa mual saat minum susu di pagi hari, maka sebagai gantinya kita bisa minum orange juice. Orang Barat bersemboyan, sarapan pagi tanpa orange juice ibarat hari tanpa matahari. Orange juice yang kaya vitamin  C adalah sumber antioksidan yang penting untuk menangkal radikal bebas. Di dalam perjalanan ke kampus atau ke kantor misalnya, setiap saat kita bisa terekspose pada radikal bebas yang dikeluarkan melalui polusi udara atau asap rokok. Jadi, orange juice di pagi hari seolah kita mempersenjatai diri untuk menangkis serangan radikal bebas yang membuat bisa membuat kita mengalami penuaan dini.

Nah formaziers, sudah paham kan arti penting sarapan dan juga sarapan sehat ? Jangan sering-sering diabaikan yaaa. Semoga kita bisa selalu sehat luar biasa :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar