Selasa, 19 Juni 2012

Frozen Yogurt


Libur telah tibaaaa. Saatnya menanggalkan buku, file kuliah, ppt dosen, dan konco-konconya. Saatnya pergi berkeliling kota dan menikmati liburan. Bingung mau kemana? Nah, ada satu nih yang sedang menjamur di kota Makassar, that's Frozen Yogurt. Saat ini Frozen Yogurt telah menjadi bagian dari gaya hidup dan salah satu pilihan camilan yang menyehatkan. Selain rasanya yang enak dan segar, salah satu daya tarik dari frozen yogurt adalah kedai penjualnya yang kebanyakan lucu-lucu, unyu-unyu dan imut-imut. Dan ternyata Frozen yogurt ini bergizi dan rendah lemak loh. Ini dia sekilas tentang frozen yogurt.

Frozen yogurt adalah penutup hidangan manis yang dibuat dari yogurt atau produk dairy lainnya, contohnya susu. Teksturnya lebih halus dibanding es krim dan tentu saja, lebih rendah lemak karena memakai susu, bukan memakai krim. Menengok sejarah frozen yogurt, frozen yogurt pertama kali dikenalkan ke publik Amerika pada tahun 1970an sebagai alternatif yang lebih sehat dibanding es krim, akan tetapi banyak konsumen yang komplain karena rasanya yang terlalu asam dan teksturnya yang terlalu cair. Pada tahun 1980an, pabrik-pabrik di Amerika mulai membuat kembali frozen yogurt dengan resep dan rasa yang disukai konsumen, dan pada tahun 1990an, frozen yogurt memenuhi 10% target hidangan penutup. Frozen yogurt biasanya berisi susu, lemak susu, asam yogurt, pemanis, gelatin, sirup jagung, pewarna dan pengawet (Nabila, 2009)


Yogurt terbentuk dari dua buah bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan, bakteri Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococus Thermopillus. Selain dari bakteri tersebut, yogurt juga mengandung vitamin B-kompleks, yaitu B1, B2, B3 dan B6, serta asam folat, asam pantotenat dan biotin. Dua bakteri yang terkandung dalam yogurt bermanfaat untuk menetralkan racun, mencegah diare, kanker, radang paru-paru, menguatkan jantung dan mengurangi susah tidur. Sedangkan kandungan vitamin dalam yogurt bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan reproduksi, kekebalan tubuh dan mempertajam fungsi berpikir. Sedangkan kandungan mineral, seperti kalsium dan fosfor dalam yogurt berguna untuk tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis (Jaga Kesehatan, 2008)

Yang bikin makin bergizi lagi nih. Frozen yogurt biasa diberi topping buah-buahan seperti longan, leci, atau strawberry.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar